selamat datang

Jumat, 10 Mei 2013

Reportase Kegiatan KKN kel.32 gelombang 2 Desa Punjul Kecamatan Plosoklaten

Mahasiswa sebagai kaum akademisi memiliki peran penting dalam masyarakat, utamanya dalam melahirkan strategi, ide dan pemikiran yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat kompleks. Banyak strategi, ide dan pemikiran inovatif yang dimiliki Mahasiswa KKN UNP KEDIRI tersebut yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang sangat menyentuh terhadap masyarakat, diantaranya adalah silahturahmi dengan warga sekitarnya, membantu dalam kegiatan di sekolahan yang meliputi SD/MI dan SMP, bimbingan belajar setiap malam hari, memberikan ketrampilan misalnya merangkai bunga dari sedotan dll, melatih drum band, melatih olahraga, melatih dalam ketrampilan berbicara diantaranya membaca puisi,  membuat papan nama jalan dan plakat perangkat Desa Punjul, pengecetan tugu tembok Desa Punjul dan terakhir perpisahan yang diadakan 3 acara yaitu nonton bareng anak – anak Desa Punjul dalam tema film pendidikan. Pagi harinya jalan sehat bersama KKN UN KEDIRI dan malam harinya pengajian masal.
Minggu pertama kami di lokasi pelaksanaan KKN Desa Punjul diisi dengan kegiatan rutin kami adalah bimbingan belajar bagi anak SD- SMP yang dilaksanakan setiap malam di Posko KKN.  Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya kami membantu pelaksaanan pendidikan di  Desa Punjul. Berbeda dengan hari biasanya, kegiatan belajar bersama ini diikuti tidak kurang dari 20 anak, dengan banyaknya minat siswa yang mengikuti kegiatan ini kami pun merasa bangga disamping bisa berbagi ilmu pengetahuan juga kami bisa mengakrabkan diri dengan anak-anak di Desa Punjul. Tidak jarang karena keakraban, setiap kami bertemu/ berbapasan anak-anak sudah menganggap kami sebagai Kakanya dengan cara menyapa, atau bahkan bercanda bersama tentang materi yang kita pelajari pada malam harinya.
Disamping kegiatan belajar bersama di Posko KKN setiap malamnya, kami juga mulai minggu kedua ini menjalankan program jam tambahan belajar di SDN Punjul 2 dan MI YPSM, kegiatan ini dilakukan setiap hari setelah anak SD pulang sekolah pukul 13.00 – 15.00. Peserta KKN dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 3, 4, 5 dan kelas 6. Materi pelajaran yang diberikan di setiap Kelas adalah materi yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing perserta KKN. Untuk menambah semangat anak-anak SD yang ikut serta dalam jam tambahan belajar ini, kami memberikan banyak permainan edukasi serta pemberian hadiah/reward bagi yang bisa menjawab soal yang diberikan kami diakhir jam tambahan belajar. Walaupun kami belum terbiasa dengan kondisi anak-anak SD yang tidak semuanya bisa berdiam menyimak pelajaran yang kami sampaikan, namun itu dijadikan sebagai tantangan kami untuk mendisiplinkan mereka dengan cara yang mudah mereka terima.

    Selain kegiatan bimbingan belajar, kegiatan lainnya adalah pengecetan tugu Desa Punjul dan pembuatan papan nama jalan serta papanisasi perangkat Desa Punjul. Kegiatan ini dilakasanakan bersama – sama dengan kelompok KKN 32 gelombang 2. Kegiatan kami di dukung sangat oleh warga sekitar Desa Punjul dan sekitarnya. Selain itu ikut serta dalam pelaksanaan Posyandu bagi warga Lanjut Usia (lansia) yang dilaksanakan pada hari Rabu  tanggal 24 April 2013 di rumah Bu Bidan Hartik.

Kegiatan kami yang terakhir adalah memersiapakan berbagai macam keperluan untuk acara perpisahan KKN Desa Punjul dan sekitarnya. Acara perpisahan diadakan pada tanggal 28 April 2013 bertepatan dengan hari minggu. Dalam acara perpisahan ini kami kelompok KKN 32 menggelar 3 acara yaitu perpisahan dengan anak – anak sekitar Desa Punjul dengan mengadakan acara nonbar (nonton bareng) dengan tema film pendidikan yang diadakan di rumah Eyang Uti yaitu tempat posko KKN 32. Pada pagi harinya kami dari kelompok KKN 32 mengadakan acara jalan sehat bersama KKN 32 serta warga Desa Punjul dan sekitarnya dengan menjual tiket seharga seribu rupiah dan hadiah utama yaitu sepeda gunung serta doorprice lainnya . Kegiatan ini sangatlah ramai dan banyak warga yang antusias untuk mengikuti acara ini. Jalan sehat ini kami adakan dengan bantuan sponsor – sponsor mulai dari MPM Motor, telkomsel, Fres care dan di bantu dengan hadirnya MC Temon Kicir – kicir dari RWS (Radio Wijangsongko FM). Jalan sehat bareng KKN kelompok 32 ini dimeriahkan dengan adanya orkes dan hadiah menarik yang sudah dipersiapkan oleh panitia KKN. Malam harinya kelompok KKN 32 mengadakan acara pengajian masal yang berada di Balai Desa Punjul. Pengajian masal ini sangat di minati oleh masyarakat Desa Punjul sehingga kami terbantu dan dapat bekerja sama dalam hal konsumsi. Pengajian ini kami mendatangkan Mubaliq dari kota Kediri. Pagi harinya tanggal 29 April 2013 kami KKN kelompok 32 gelombang 2 perpamitan dengan warga sekitar dan perangkat Desa Punjul untuk meninggalkan Desa Punjul. Dari sinilah kami dapat merasakan kehidupan yang nyata. Dimana kehidupan yang baru dengan suasana baru teman baru serta lingkungan baru yang  saling berbagi dalam keadaan apapun. KKN dapat membuat kami menjadi orang yang berarti dalam subuah kehidupan dan menjadikan kami dalam kekeluargaan serta kerjasama dalam bentuk apapun.

Diposkan oleh     : Debby Sari Atma Wandera
NIM          : 09.1.01.07.0034
Kelas         : 4-A/ Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar